Different Types Of Peace Symbol

Rabu, 21 Mei 2014

Ketel Uap

BAB I
PENDAHULUAN

 A. Latar Belakang
Semakin meningkatnya kebutuhan hidup manusia akan berdampak pada semakin berkembangannya ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan semakin majunya perkembangan manusia maka bidang teknologi pun ikut berkembang dengan sangat pesat dengan harapan segala kebutuhan manusia dapat terpenuhi dengan baik. Saat ini perkembangan industri di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyak industri-industri yang dikembangkan di tanah air ini, mulai dari industri tekstil, pabrik gula, industri kima, industri mekanik dan lain-lain. Industri-industri tersebut memerlukan pembangkit tenaga berupa ketel uap.
Ketel uap merupakan peralatan yang banyak dipakai pada industri-industri untuk pembangkit tenaga. Pada sebuah pabrik, ketel uap (boiler) mempunyai peranan yang sangat penting yaitu sebagai sumber penghasil uap dimana uap tersebut berguna untuk menggerakan turbin uap yang menghasilkan tenaga untuk menggerakan sebagian besar peralatan pada pabrik dan sebagai pemasok uap untuk evaporator atau badan penguapan. Sehingga ketel uap mempunyai fungsi yang vital  pada sebuah industri.

B. Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian ketel uap?
2.      Bagaimana klasifikasi ketel uap?

3.      Bagaimana unjuk kerja ketel uap?


BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Ketel Uap
Ketel uap adalah alat yang berfungsi menghasilkan uap pada suhu dan tekenan yang ditentukan atau bejana tertutup dimana panas pembakaran dialirkan ke air sampai terbentuk air panas atau steam berupa energi kerja. Air adalah media yang berguna dan murah untuk mengalirkan panas ke suatu proses. Air panas atau steam pada tekanan dan suhu tertentu mempunyai nilai energi yang kemudian digunakan untuk mengalirkan panas dalam bentuk energi kalor ke suatu proses. Jika air didihkan sampai menjadi steam, maka volumenya akan meningkat sekitar 1600 kali, menghasilkan tenaga yang menyerupai bubuk mesiu yang mudah meledak, sehingga sistem boiler merupakan peralatan yang harus dikelola dan dijaga dengan sangat baik.
Proses kerja dari boiler adalah energi kalor yang dibangkitkan dalam sistem boiler memiliki nilai tekanan, temperatur, dan laju aliran yang menentukan pemanfaatan steam yang akan digunakan. Berdasarkan ketiga hal tersebut sistem boiler mengenal keadaan tekanan-temperatur rendah (low pressure/LP), dan tekanan-temperatur tinggi (high pressure/HP), dengan perbedaan itu pemanfaatan steam yang keluar dari sistem boiler dimanfaatkan dalam suatu proses untuk memanasakan cairan dan menjalankan suatu mesin (commercial  and industrial boilers), atau membangkitkan energi listrik dengan merubah energi kalor menjadi energi mekanik kemudian memutar generator sehingga menghasilkan energi listrik (power boilers). Namun, ada juga yang menggabungkan kedua sistem boiler tersebut, yang memanfaatkan tekanan-temperatur tinggi untuk membangkitkan energi listrik, kemudian sisa steam dari turbin dengan keadaan tekanan-temperatur rendah dapat dimanfaatkan ke dalam proses industri dengan bantuan heat recovery boiler.
Sistem boiler terdiri dari sistem air umpan, sistem steam, dan sistem bahan bakar. Sistem air umpan menyediakan air untuk boiler secara otomatis sesuai dengan kebutuhan steam. Berbagai kran disediakan untuk keperluan perawatan dan perbaikan dari sistem air umpan, penanganan air umpan diperlukan sebagai bentuk pemeliharaan untuk mencegah terjadi kerusakan dari sistem steam. Sistem steam mengumpulkan dan mengontrol produksi steam dalam boiler. Steam dialirkan melalui sistem pemipaan ke titik pengguna. Pada keseluruhan sistem, tekanan steam diatur menggunakan kran dan dipantau dengan alat pemantau tekanan. Sistem bahan bakar adalah semua perlatan yang digunakan untuk menyediakan bahan bakar untuk menghasilkan panas yang dibutuhkan. Peralatan yang diperlukan pada sistem bahan bakar tergantung pada jenis bahan bakar yang digunakan pada sistem.
            Boiler atau ketel uap disini berfungsi sebagai pesawat konversi energi untuk mengkonversikan energi kima (potensial) dari bahan bakar menjadi energi panas.
            Dua komponen utama dari ketel uap atau boiler yaitu :
-          Dapur,dapur disini berfungsi sebagai alat untuk mengubah dari energi kimia menjadi energi panas.
-          Alat penguap ( evaporator ) ,dimana alat ini berfungsi untuk mengubah energi panas ( pembakaran ) menjadi energi potensial uap ( energi panas ).
Perlu diketahui komponen lain dari boiler yang mendukung teciptanya steam, berikut komponen-komponen boiler dan funsinya :
-          Furnace
Komponen ini merupakan tempat pembakaran bahan bakar. Beberapa bagian dari furnace siantaranya : refractory, ruang perapian, burner, exhaust for flue gas, charge and discharge door .
-          Steam Drum
Komponen ini merupakan tempat penampungan air panas dan  pembangkitan steam. Steam masih bersifat jenuh (saturated steam).
-          Superheater
Komponen ini merupakan tempat pengeringan steam dan siap dikirim melalui main steam pipe dan siap untuk menggerakkan turbin uap atau menjalankan proses industri.
-          Air Heater
Komponen ini merupakan ruangan pemanas yang digunakan untuk memanaskan udara luar yang diserap untuk meminimalisasi udara yang lembab yang akan masuk ke dalam tungku pembakaran.
-          Economizer
Komponen ini merupakan ruangan pemanas yang digunakan untuk memanaskan air dari air yang terkondensasi dari sistem sebelumnya  maupun air umpan baru.
-          Safety valve
Komponen ini merupakan saluran buang steam jika terjadi keadaan dimana tekanan steam melebihi kemampuan boiler menahan tekanan steam.
-          Blowdown valve
Komponen ini merupakan saluran yang berfungsi membuang endapan yang berada di dalam pipa steam.
 B. Klasifikasi Ketel Uap
Boiler (ketel uap) itu pada dasarnya terdiri dari bumbung(drum) yang tertutup dan pada ujung pangkalnya serta dalam perkembanganya dilengkapi dengan pipa api maupun pipa air. Maka banyak orang mengklasifikasikan boiler itu tergantung pada sudut pandang masing-masing.
Disini boiler daapat diklasifikasikan dalam kelas,yaitu:
1.      Berdasarkan fluida yang mengalir dalam pipa, maka boiler diklasifikasikan sebagai berikut :
a.       Ketel pipa api (fire tube boiler).
b.      Ketel pipa air (water tube boiler).
Pada fire tube boiler, fluida yang mengalir dalam pipa adalah gas nyala atau gas pada hasil pembakaran, yang membawa energi panas (thermal energy), yang segera mentransfer ke air ketel melalui bidang pemanas (heating surface). Tujuan pipa-pipa api ini untuk memudahkan distribusi panas kepada air boiler. Pada water tube boiler, fluida yang mengalir dalam pipa adalah air, dan disini energi panas ditransfer dari luar pipa (ruang dapur) ke air boiler.
2.      Berdasarkan pemakaian, boiler dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
a.       Ketel stasioner (stasionary boiler) atau ketel tetap.
b.      Ketel mobil (mobile boiler) atau ketel pindah/portable boiler.
Yang dimaksud stasioner disini dalah ketel-ketel yang didudukan diatas fundasi yang tetap, seperti boiler untuk pembangkit tenaga, dan sebagian besar boiler kita dapat temukan di industri-industri.
Sedangakan yang dimaksud dengan ketel mobil adalah boiler yang diletakan diatas fundasi yang berpindah-pindah seperti pada boiler lokomotif, loko mobil, dan boiler panjang serta lainya. Sepertinya ketel kapal (marine boiler) juga termasuk dalam ketel mobil.
3.      Berdasarkan letak dapur (furnice positition),ketel uap diklasifikasikan sebagai berikut :
a.       Ketel dengan pembakaran didalam (internally fired steam boiler), dalam hal ini dapur berada (pembakaran terjadi) di bagian dalam boiler. Kebanyakan ketel pipa api menggunakan sistem ini.
b.      Ketel dengan pembakaran diluar (outernally fired steam boiler), dalam hal ini dapur berada ( pembakaran terjadi) di bagian luar ketel, dan kebanyakan ketel pipa air yang menggunakan sistem ini.
4.      Berdasarkan jumlah lorong (boiler tube), dapatdiklasifikasikan sebagai berikut :
a.       Ketel dengan lorong tunggal (single tube steam boiler).
b.      Ketel dengan lorong ganda (multi tube steam boiler).
Pada single tube steam boiler disini hanya terdapat satu lorong apakah itu lorong saluran api ataupun saluran air saja.
5.      Berdasarka pada poros tutup drum (shell), boiler dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
a.       Ketel tegak (vertikal steam boiler).
b.      Ketel mendatar (horizontal steam boiler).
6.      Berdasarkan bentuk dan letak pipa, boiler dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a.       Ketel dengan pipa lurus,bengkok dan berlekak-lekuk.
b.      Ketel dengan pipa miring-datar dan miring-tegak.
7.      Bedasarkan sistem peredaran air (water circulation), boiler diklasifikasikan  sebagai berikut :
a.       Ketel dengan peredaran alam (natural ciculation steam boiler).
b.      Ketel dengan peredaran paksa (forced circulation steam boiler).
Pada natural circulation steam boiler, peredaran air pada boiler terjadi secara alami, yaitu air yang ringan naik sedangkan air yang berat turun, sehingga terjadilah aliran conveksi alami. Pada umumnya ketel yang menggunakan sistem ini  seperti ketel Lancarshire, Babcock & Wilcox dan lain-lain.
Pada forced circulation steam boiler, pada aliran paksa diperoleh dari sebuah pompa centrifugal yang digerakan dengan elektrik motor misalnya. Sistem ini banyak digunakan pada boiler-boiler yang bertekanan tinggi seperti La-Mont Boiler, Benson Boiler, Loeffer Boiler dan Velcan Boiler.
8.      Berdasarkan kepada sumber panasnya (heat source) untuk pembuatan uap, maka ketel dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
a.       Boiler dengan bahan bakar alami.
b.      Boiler dengan bahan bakar buatan.
c.       Boiler dengan dapur listril.
d.      Boiler dengan energi nuklir.
Ketel Uap Vertikal Sederhana
            Ketel uap vertikal sederhana menghasilkan uap pada tekanan rendah dan dalam jumlah kecil.Karenanya digunakan pada pembangkit daya rendah atau pada tempat di mana ruang terbatas. Konstruksi ketel jenis ini diperlihatkan oleh gambar 1. Ketel ini terdiri dari kulit silinder yang mengelilingi kotak api silinder. Kotak api silinder ditap di atasnya tempat mengalirnya uap ke permukaan. Pada dasar kotak api terdapat grate (panggangan). Kotak api dilengkapi dengan dua atau lebih pipa melintang miring F, F. Kemiringan bertujuan untuk menaikkan permukaan pemanasan disamping juga untuk meningkatkan sirkulasi air. Lubang tangan (hand hole) dibuat disamping untuk keperluan pembersihan deposit. Sebuah lubang orang (man hole) dibuat di atas untuk supaya orang bisa memasuki ketel untuk pembersihan. Sebuah lobang abu dibuat pada dasar ketel untuk pembuangan abu yang mengendap. Ruang antara kulit boiler dan kotak api diisi dengan air yang akan dipanaskan.
Ketel Uap (Steam Boiler)


                       Gambar 1. Ketel vertikal sederhana.
Ketel Uap Cochran atau Ketel Pipa Banyak Vertikal
Ada banyak desain mengenai ketel pipa banyak, ketel Cochran dianggap sebagai salah satu ketel jenis ini yang paling efisien. Ketel cochran merupakan jenis ketel vertikal sederhana yang telah ditingkatkan.
Ketel terdiri dari kulit silinder eksternal dan kotak api seperti yang diperllihatkan gambar 2. Kulit dan kotak api keduanya berbentuk setengah bola. Mahkota setengah bola pada kulit memberikan ruang maksimum dan kekuatan maksimum untuk menahan tekanan uap di dalam ketel. Kotak api dan ruang bakar (combustion chamber) dihubungkan melalui pipa pendek. Gas asap dari ruang bakar mengalir ke kotak asap (smoke box) melalui sejumlah pipa asap. Pipa ini umumnya mempunyai diameter luar 62,5 mm dan berjumlah 165 buah. Gas dari kotak asap mengalir ke atmosfir melalui cerobong (chimney).Ruang bakar dilapisi dengan batu tahan api pada sisi kulit. Lobang orang dekat puncak mahkota kulit diperlukan untuk pembersihan.
Pada dasar kotak api terdapat panggangan (dalam halpembakaran batubara) dan batu bara di umpan melalui lobang api (fire hole). Jika ketel digunakan untuk pembakaran bahan bakar minya, tidak diperlukan panggangan, tetapi dasar kotak api dilapisi dengan bata tahan api. Pembakar minyak di pasang di lobang api.

Gambar 2. Ketel Cochran.
Ketel Scotch Marine
Ketel uap marine (kapal) jenis Scotch atau tangki digunakan untuk kerja di laut karena kekompakannya, efisien dalam operasinya dan kemampuannya untuk menggunakan berbagai jenis air.
Ketel mempunyai drum dengan diameter dari 2,5 hingga 3,5 meter yang ditempatkan secara horisontal. Ketel uap ini bisa berupa ujung tunggal atau ujung ganda. Panjang ketel uap ujung tunggal bisa sampai 3,5 meter, sedangkan ujung ganda bisa sampai 6,5 meter. Ketel ujung tunggal mempunyai satu sampai empat dapur yang masuk dari sisi depan ketel. Ketel ujung ganda mempunyai dapur pada kedua ujungnya, dan bisa mempunyai dapur dari dua sampai empat pada setiap ujung.
Ketel uap ujung tunggal Scotch marine bisa dilihat pada gambar 3. Setiap dapur mempunyai ruang bakarnya masing-masing. Terdapat pelat datar di setiap ruang bakar yaitu pelat atas, pelat bawah, dua pelat sisi dan pelat tube/pipa. Sejumlah pipa asap ditempatkan secara horisontal dan menghubungkan ruang bakar dengan cerobong. Pipa dapur, pipa asap dan ruang bakar, semuanya dikelilingi oleh air, memberikan luas permukaan pemanasan yang sangat besar. Air bersirkulasi disekeliling pipa asap. Level air dijaga sedikit diatas ruang bakar. Kotak asap (smoke box) dibuat dengan pintu untuk membersihkan pipa dan kotak asap.
        

Gambar 3. Ketel Scotch marine.
Ketel Lanchasire
Ketel ini merupakan jenis pipa api stasioner, pembakaran dalam horisontal dan sirkulasi alami. Digunakan jika tekanan kerja dan daya yang diperlukan menengah. Ketel ini mempunyai diameter kulit silinder 1,75 hingga 2,75 meter. Panjangnya bervariasi dari 7,25 m hingga 9 m. Ketel ini mempunyai dua pipa gas asap internal yang berdiameter kira-kira 0,4 kali dari diameter kulit. Gambar ketel ini bisa dilihat pada gambar 4.
Ketel ini terdiri dari kulit eksternal silinder panjang (1) yang terbuat dari pelat baja. Ketel mempunyai dua pipa api internal besar (2). Pipa ini diameternya mengecil pada bagian belakang untuk akses ke bagian yang lebih rendah pada ketel. Panggangan api (3) yang disebut juga dapur disediakan pada ujung pipa gas asap dimana disini bahan bakar padat dibakar. Pada ujung panggangan terdapat bata (5) yang berfungsi membelokkan gas asap ke atas. Gas asap panas setelah meninggalkan pipa gas asap internal turun ke pipa dasar (6). Gas asap ini bergerak ke depan ketel dimana alirannya terbagi dan mengalir ke lorong api sisi (7). Gas asap memasuki lorong utama (9) dan selanjutnya menuju cerobong. Damper (8) berguna untuk mengatur besar aliran gas asap keluar. Katup (11) berfungsi menyuplai uap ke mesin seperti yang dikehendaki. Ketel dilengkapi dengan katup pengaman pegas (10), katup pengaman jika uap tinggi dan air rendah (12). Blow off cock (16) untuk membuang lumpur dsb yang mengendap pada dasar ketel.

Gambar 4. Pandangan depan, sisi dan atas ketel Lancashire.
Ketel Lokomotif
Merupakan jenis ketel mobile dan pembakaran internal, horisontal banyak pipa. Prisnip ketel ini adalah menghasilkan uap dengan laju kecepatan tinggi. Jenis ketel lokomotif moderen diperlihatkan pada gambar 5.
                       

Gambar 5. Ketel Lokomotif.
Ketel terdiri dari kulit atau barrel yang mempunyai diameter 1,5 m dan panjang 4 m. Batubara diumpan kedalam kotak api melalui pintu api dan terbakar pada panggangan. Gas asap dari panggangan dibelokkan oleh bata dan keseluruhan kotak api terpanaskan secara baik. Ada sekitar 157 pipa tipis atau pipa api F(diameter 47,5 mm) dan 24 buah pipa panas lanjut tebal G(diameter 13 cm). Gas asap setelah melewati pipa ini masuk ke kotak asap. Gas kemudian keluar ke atmosfir melewati cerobong. Barrel berisi air disekeliling pipa, dimana dipanaskan oleh gas asap dan berubah menjadi uap.
Header terbagi atas dua porsi, satu adalah ruang uap panas lanjut dan satu lagi ruang uap jenuh. Pipa uap mengarahkan uap dari regulator ke ruang uap jenuh. Kemudian uap diarahkan ke pipa panas lanjut, dan setelah melewati pipa ini, uap kembali ke ruang uap panas lanjut. Uap panas lanjut sekarang mengalir melalui pipa uap ke silinder, satu buah di setiap sisi.  Abu daripanggangan dikumpulkan pada nampan abu (ash pan) dan dibuang dari waktu ke waktu dengan bantuan damper yang dioperasikan oleh batang dan tuas.
Ketel La-Mount
Ketel ini adalah ketel moderen jenis tekanan tinggi, pipa air, bekerja dengan sirkulasi paksa. Sirkulasi diatur oleh pompa sentrifugal, digerakkan oleh turbin uap menggunakan uap dari ketel. Sirkulasi paksa menyebabkan berat air umpan (feed water) yang bersirkulasi ke seluruh dinding air dan drum sama dengan sepuluh kali berat uap. Ini akan mencegah pipa mendapatkan panas lebih. Skematik diagram ketel ini bisa dilihat pada gambar 6.
Air umpan mengalir melalui ekonomiser ke drum penguap. Kemudian air ditarik dengan pompa ke pipa. Pompa mendorong air ke header pada tekanan diatas tekanan drum. Header mendistribusikan air melalui nosel ke pipa pembangkit yang bekerja secara paralel. Air dan uap dari pipa ini mengalir ke drum. Uap di dalam drum kemudian diambil setelah melewati superheater.

                                    Gambar 6. Ketel La-Mount.
Ketel Loeffler
Ketel ini adalah ketel jenis pipa air menggunakan sirkulasi paksa. Prinsip kerja utama adalah dengan menguapkan air dengan uap panas lanjut dari superheater. Gas panas dari dapur pemanas digunakan untuk pemanasan panas lanjut. Skema ketel ini bisa dilihat pada gambar 7.
Air umpan dari ekonomiser dipaksa bercampur dengan uap panas lanjut di dalam drum penguap (evaporating drum). Sehingga terbentuk uap jenuh, dan kemudian ditarik dari drum dengan pompa sirkulasi uap. Uap ini kemudian mengalir melalui pipa-pipa pada dinding ruang bakar memasuki superheater. Dari superheater, sekitar sepertiga uap panas lanjut diteruskan ke turbin dan sisanya yang dua pertiga digunakan untuk menguapkan air umpan di drum penguap.

                                   Gambar 7. Ketel Loeffler.
C. Unjuk Kerja Ketel Uap
1.  Penguapan   Ekivalen:
Jika sejumlah air diuapkan dari air umpan pada C dan menghasilkan uap jenuh dan kering pada C dan tekanan atmosfir, biasanya dinyatakan dengan dari dan pada C”.Jika air sudah berada pada temperatur didihnya, maka panas yang dibutuhkan air hanyalah panas laten pada tekanan 1,033 kg/cm 2 untuk merubahnya ke dalam bentuk uap pada temperatur  C. Harga kalor laten ini diambil 539,0 kcal/kg. Secara matematik, penguapan ekivalen “dari dan pada  C”:
Misalkan         
 t1= temperatur air umpan dalam
                        h1= kalor sensibel/nyata air umpan dalam kcal/kg uap
bersesuaian dengan t1
H= kalor total uap dalam kcal/kg uap pada tekanan
= h + xL   ... untuk uap basah
= h + L  ... untuk uap kering
= h + L + Cp(tsup– tsat) ... untuk uap panas lanjut
We=  jumlah uap yang dihasilkan
dalam kg/h atau kg/kg bahan bakar yang dibakar
Kalor yang diperlukan untuk menguapkan 1 kg air:

Catatan. 1. Faktor (H – h1)/539,0 disebut juga sebagai faktor penguapan, dan biasanya dilambangkan dengan Fe. Harganya selalu lebih besar dari satu untuk semua ketel uap.
            2. Dalam satuan SI, harga kalor laten pada temperatur C adalah 2256,9      kJ/kg.
           

2. Efisiensi Ketel:
Adalah rasio panas yang digunakan dalam memproduksi terhadap
panas yang dihasilkan dapur. Secara matematik:
                                     


dimana : We = berat air sebenarnya menguap atau penguapan sebenarnya dalam   kg/kg bahan  bakar .
                                          C = nilai kalor bahan bakar dalam kcal/kg bahan bakar.
Jika Wsadalah berat air yang diuapkan dalam kg dan Wfadalah berat bahan bakar yang digunakan dalam kg, maka:
                     
  dan    


Catatan: jika ketel terdiri dari ekonomiser dan superheater, dianggap sebagai unit      tunggal,  kemudian efisiensi adalah efisiensi keseluruhan ketel.
3. Daya Ketel :
            American Society of Mechanical Engineers (ASME) menentukan bahwa satu dayakuda ketel adalah  ekivalen dengan penguapan 15,653 kg air per jam dari dan pada C.
Secara matematik:

dimana :We=berat air yangsebenarnya  menguap
                                                                        H = kalor total uap yang dihasilkan
                                                                        h1= Kalor sensibel/nyata air umpan   



BAB III
PENUTUP

A.                Kesimpulan
            Semakin meningkatnya kebutuhan hidup manusia akan berdampak pada  perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Saat ini perkembangan industri di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyak industri-industri yang dikembangkan di tanah air ini, mulai dari industri tekstil, pabrik gula, industri kima, industri mekanik dan lain-lain. Industri-industri tersebut memerlukan pembangkit tenaga berupa ketel uap.
Ketel uap merupakan peralatan yang banyak dipakai pada industri-industri untuk pembangkit tenaga. Sehingga ketel uap mempunyai fungsi yang vital  pada sebuah industri. Dimana ketel uap disini berfungsi sebagai pesawat konversi energi untuk mengkonversikan energi kima (potensial) dari bahan bakar menjadi energi panas. Sehingga uap yang dihasilkan dari ketel uap, berguna untuk menggerakan turbin uap yang menghasilkan tenaga untuk menggerakan sebagian besar peralatan pada pabrik ,dan sebagai pemasok uap untuk evaporator atau badan penguapan.
B.                Saran
Dengan nilai nominal dari ketel uap yang mahal dan mempunyai fungsi yang vital pada sebuah pabrik, maka harus dilakukan pengoperasian dan pemeliharaan dengan benar dan tepat waktu. Sehingga ketel uap mempunyai umur yang panjang dan supaya ketel uap tidak mudah trobel.




DAFTAR PUSTAKA

http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate-11461-2199100079-Chapter1.pdf.
Syamsir A.Muin.1988.Pesawat-pesawat konversi energi ( I ) : Ketel uap. Jakarta : Rajawali.




2 komentar:

  1. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller dan waste water treatment untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com terima kasih

    BalasHapus
  2. Top Rated: "Dennis" Titanium's Quartz - Titanium's Arts
    For years, the only metal metal-based player to titanium fat bike work with ion chrome vs titanium is the Yamaha XR2. Its performance is impressive: titanium uses It 2019 ford edge titanium for sale weighs around 440 grams and venza titanium glow is

    BalasHapus